Umat Islam lebih-lebih warga Muhammadiyah, menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah memiliki tuntutan besar untuk mencerahkan pandangan keagamaan dan aktualisasi dalam kehidupan kebangsaan, keumatan, bahkan dalam konteks kemanusiaan.

Menurutnya, terkait dengan tuntutan mencerahkan memang hadirnya Agama Islam sebagai pencerah. Sehingga peran pencerahan sebagai fungsi Agama Islam tidak bisa dilihat sebagai oposisi biner dengan masalah yang dialami oleh umat. 

Dilihat dari ajarannya, Agama Islam merupakan agama yang utuh, bukan hanya mengatur hal-hal besar, bahkan sampai urusan-urusan yang kecil.

%u201CMaka Islam itu ajaran yang komprehensif, menyeluruh, dan hal-hal yang besar tentang Allah, tentang penciptaan, sampai pada hal yang kecil,%u201D tutur Haedar pada, Ahad (5/12) di acara Pengajian Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kepulauan Riau (Kepri).

Oleh karena itu, kesempurnaan ajaran membuat orang yang berislam termasuk bermuhammadiyah sesungguhnya untuk mencari kebahagiaan sejati di dunia dan akhirat. Bahkan, imbuh Haedar, kebahagiaan dan kemaslahatan Agama Islam bukan hanya bagi pemeluknya, melainkan untuk seluruh alam semesta.